Thursday, February 26, 2015

Obat Batuk Tradisional

Obat Batuk Tradisional

Obat Batuk Tradisional banyak sekali yang sudah diketahui oleh masyarakat Indonesia. Karena batuk adalah jenis penyakit yang umum menyerang di daerah tropis seperti Indonesia. Ada berbagai macam penyebab terjadinya penyakit batuk, walaupun mungkin tidak terlalu berbahaya sifatnya. Penyakit batuk cukup meresahkan dikalangan masyarakat. Karena membuat si penderita tidak nyaman dalam beraktifitas. Cara untuk menyediakan sendiri obat batuk tradisional antara lain : 
  1. Menggunakan belimbing wuluh sebagai bahan untuk obat batuk tradisional caranya ambil 3-4 belimbing wuluh (averrhoa bilimbi). Ambil juga daunnya sebanyak 4-5 lembar dan kalau ada bunganya yang baru mekar. Cuci semuanya hingga bersih kemudian rebus dalam satu wadah dengan diberi air sebanyak3-4 gelas dimasak sampai mendidih. Hingga menyisakan air rebusan sekitar 1 gelas saja. Lalu angkat dan saring dalam gelas, biarkan sampai dingin baru diminum. Lakukan secara rutin sehari sekali, cara ini efektif untuk meredakan batuk. Akan tetapi cara ini tidak boleh dilakukan oleh penderita maag, karena belimbing wuluh rasanya sangat masam dapat memicu sakit maag.
    Belimbing Wuluh pict by Google
  2. Buah pare, buah atau sayuran yang terkenal pahit ini ternyata daunnya memiliki khasiat untuk mengobati batuk. Banyak yang mungkin belum mengetahui bahwasanya daun pare dapat digunakan untuk mengobati batuk. Misalnya untuk batuk yang sudah parah (yang sudah sampai mengeluarkan darah) dapat mencoba cara berikut. Ambil 3 genggam daun pare (sekitar 25 lembar) kemudian rebus dengan 1 liter air. Diamkan sampai mendidih dan air tersisa 1/2 liter saja. Angkat dan saring ke dalam gelas, diminum secara teratur dengan ditambah sedikit gula untuk mengurangi rasa pahit. Hal ini bisa menghilangkan batuk sedikit demi sedikit.
  3. Bagi Anda yang merasakan tenggorokan Anda sakit atau terasa serak karena batuk, Anda bisa menggunakan beras sebagai obat alternatif nya. Caranya ambil beras kira-kira satu gelas kemudian beri air kira-kira setengah gelas. Rebus beras yang telah diberi air tadi hingga mendidih. Setelah mendidih tuang air rebusan yang telah mengental ke dalam wadah tersendiri. Minum air rebusan atau tajin tadi ketika masih hangat, bisa dicampur dengan gula atau garam sesuai selera.
  4. Batuk yang terasa sangat gatal di tenggorokan samgat lazim kita alami. Obat tradisional yang bisa kita siapkan sendiri untuk batuk ini adalah dengan buah pisang ambon (musa paradisiaca) yang sudah matang. Dibelah beserta kulitnya menjadi dua tetapi jangan sampai terlepas. Diantara belahan pisang tadi diberi garam setengah sendok teh, lalu tutup atau kembalikan seperti semula. Kemudian panggang pisang yang telah diberi garam tadi. Sambil dibolak-balik supaya merata bagian yang dipanggang. Setelah kulitnya menjadi kuning angkat dan dimakan selagi masih hangat. Cara ini bisa menghilangkan rasa gatal di tenggorokan.
  5. Mengobati batuk dengan daun sirih ( Piper Betle ). Caranya Adalah sebagai berikut, 15 daun sirih direbus dengan air sebanya 6 gelas. Kemudian tambahka gula batu sesuai selera (sebaiknya jangan terlalu banyak). Setelah menjadi dingin disaring air rebusan daun sirih tuangkan ke dalam gelas dan diminum. Sebaiknya secara rutin 2 kali sehari pagi dan sore.
  6. Menggunakan Buah Jeruk purut ( citurs hystrix ). Belah buah jeruk purut yang telah disediakan menjadi dua bagian. Bubuhkan garam dapur pada belahan buah jeruk purut tadi dak ditutupkan kembali. Setelah itu buah jeruk purut dibakar diatas bara api sampai garam terlarut, lalu peras ke dalam gelas. Kemudian air perasan tadi diminum, lakukan proses ini sampai 2-3 dipagi hari. 
  7. Pengobatan untuk batuk rejan. Gunakan kencur (Kaempferia Galanga) beberapa ruas saja, dilumatkan atau diparut. Diperas dan dicampur dengan beberapa tetes minyak kayu putih. Tambahkan beberap[a sendok air hangat pada campuran ini, kemudian diminum.
  8. Jika penyakit batuk tidak hilang dengan beberapa resep yang Anda lakukan untuk mengobati. silakan coba resep berikut ini. Ambil segenggam sarang burung walet (Collacalia Fuchipaga), letakkan didalam gelas dan diberi air serta sedikit gula batu. Lalu kukuslah sarang burung walet tadi, dengan diberi beras di bagian pinggir gelas. Apabila beras tadi sudah setengah matang, angkatlah gelas dari panci penggukus. Diamkan beberapa saat agar menjadi dingin, setelah dingin baru diminum setiap malam sebelum tidur.
  9. Resep obat batuk karena terlalu banyak merokok. Adalah dengan cara minum air asam (Tamarrindus indica) yang sudah diembunkan. Caranya antara lain buah asam hitam yang berbiji, diseduh dengan air panas, deberi gula dan sedikit merica halus serta garam secukupnya. Masukkan kedalam botol kaca dan diembunkan. Minum ramuan ini sehabis makan dan lakukan selama 15 hari. InsyaAllah batuk karena rokok berangsur-angsur akan mereda.
    Rokok Berbahaya pict by Google
Demikian sedikit ulasan yang bisa kami sampaikan mengenai Obat Batuk Tradisional. Silakan Anda mencoba cara-cara yang ada di atas untuk mengatasi batuk. Untuk hasil yang terbaik selalu konsultasikan penyakit Anda dengan dokter. Semoga mendapatkan hasil yang memuaskan.
 Semoga bermanfaat,,terima kasih
thumbnail
Judul: Obat Batuk Tradisional
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Obat batuk, obat tradisional :

0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz