Monday, March 2, 2015

Penyakit Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi atau disebut juga hipertensi kian hari menjadi salah satu penyakit yang mengkhawatirkan. Kondisi ini belakangan banyak terjadi di kalangan masyarakat dan apabila tidak segera ditangani bisa berakibat fatal. Seperti sthingga dapat menyebabkan kematian bagi penderitanya. Adapun gejala-gejala penyakit darah tinggi jarang dapat ditemukan dan biasanya dapat dikenali dengan skrining. Dalam beberapa kasus darah tinggi orang-orang banyak yang menyatakan sakit kepala terutama dibagian belakang pada pagi hari. Selain itu banyak juga orang yang mengalami  pusing, vertigo, tinitus atau berdengung di dalam telinga dan adanya gangguang penglihatan.
Di sekitar kita banyak metode-metode tradisional untuk menyembuhkan darah tinggi yang kita ketahui. Berikut metode tradisional pengobatan darah tinggi yang ada di Indonesia.

  1. Pengobatan menggunakan daun salam (Syzygium polyanthum) dan daun Seduduk. Daun yang biasa digunakan sebagai penyedap masakan ini ternyata berkhasiat untuk mengobati darah tinggi. Cara mengolahnya adalah sebagai berikut ambil daun salam dan daun seduduk masing-masing satu genggam. Kemudian direbus dengan air sebanyak 2 gelas, setelah mendidih diamkan sampai dingin dan diminum 2 kali sehari sebanyak satu gelas.
  2. Daun seledri (Apium Graveolens) untuk pengobatan darah tinggi. Caranya adalah dengan diambil air sarinya. Ambil kira-kira satu genggam daun seledri, ditumbuk hingga halus. Kemudian tambahkan air masak sedikit saja. Peras untuk kita ambil airnya 1/3 cangkir kemudian diminum. Lakukan secara rutin sekali setiap hari. Cara ini bisa menurunkan tekanan darah tinggi hingga, jika sudah sampai pada batas normal hentikan proses ini.
    penyakit tekanan darah tinggi
    Daun Seledri by google
  3. Pengobatan darah tinggi secara tradisioanal dengan menggunakan jagung (Zea Mays). Sesungguhnya rambut yang ada pada bagian atas buah jagung bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah atau hipertensi. Adapun caranya adalah kumpulkan rambut jagung yang masih melekat dibuahnya. Jemur samapai kering benar. Untuk mengkonsumsinya gunakan segenggam rambut jagung kering, rebus dengan air 6 gelas. Biarkan sampai air tersisa setengah gelas saja, diinginkan dan diminum. Lakukan sekali tiap 3-4 hari hingga tekanan darah menjadi normal.
  4. Akar pohon pepaya (Caricca Papaya) untuk pengobatan darah tinggi. Ambil akar dari pohon pepaya muda yang tingginya baru sekitar 1 meter. Akar dicuci hingga bersih lalu direbus dengan air sebanyak satu liter. Hingga air rebusan tersisa 1/4 bagian dari semula. Minum air rebusan tadi selagi masih hangat, akar pepaya masih bisa direbus lagi hingga 7 kali perebusan. Lakukan secara rutin sehingga tekanan darah kembali normal.
  5. Daun alpukat (Porsea Americana) bisa untuk mengurangi sakit kepala karena tekanan darah tinggi. Yang kalau diseduh menyerupai seduhan teh berwarna merah pekat dan berbau harum. Cara meraciknya rebus beberapa lembar daun alpukat. Biarkan hingga mendidih dan diamkan agar suhunya turun.Untuk meminumnya cukup ambil sepertiga gelas ukuran sedang. Lalu tambahkan air hangat sampai penuh, bisa juga tambahkan gula sesuai selera.
  6. Bawang Putih (Allii SativiBulbus) atau Garlic yang mengandung beberapa komponen , antaralain: senyawa sulfur golongan sisteina sulfoksida dan senyawa peptida tidak menguap dengan kadar hingga 82%. Untuk konsumsinya, bawang putih banyak tersedia dalam entuk kapsul.Namun secara tradisional, bawang putih bisa dikonsumsi dalam bentuk serbuk ataupun minyak astiri. Tetapi tidak dianjurkan mengkonsumsi bawang putih yang sudah bertunas karena mengandung HCN yang beracun.
Cara-cara diatas lazim digunakan di masyarakat kita, karena disamping mudah juga tidak memerlukan biaya yang besar. Sebenarnya masih banyak cara-cara lain yang belum disampaikan ditulisan ini. Karena masih terbatasnya pengetahuan yang kami miliki sehingga hanya bisa menyampaikan sebagian saja. Semoga dilain waktu kami bisa memberikan informasi yang lebih lengkap. Dan alangkah gembiranya andaikata tulisan singkat ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca semua. Terima kasih..


thumbnail
Judul: Penyakit Tekanan Darah Tinggi
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Penyakit tekanan darah tinggi, tekanan darah tinggi :

0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz