Tuesday, March 3, 2015

Khasiat Alami Bunga Rosela

Bunga Rosela

Dibalik warna nya yang cantik, mungkin mengecoh banyak orang karena ternyata rasanya masam.Akan tetapi tunggu dulu,,justru sekarang orang banyak menggandrungi bunga yang satu ini. Setelah tahu bagaimana khasiat alami yang terkandung di dalamnya. Anda tentu tak asing dengan bunga yang satu ini,,betul sekali. Bunga Rosela yang saya maksud.

khasiat alami bunga rosela

Asal-usul Bunga Rosela

Tanaman yang terkenal berkhasiat ini sangat banyak spesiesnya yang tersebar di seluruh dunia, salah satunya yang kita kenal sering di sebut Rosela Merah dengan nama latin Hibiscus Saddariffa. Adalah salah satu contoh spesies rosela yang telah dikenal sejak berabad-abad lalu.Tanaman ini dimanfaatkan sebagai obat yang dikeringkan dahulu dalam pemanfaatannya. Pada awalnya tanaman rosela diketahui berasal dari India, lalu dibawa dan dibudidayakan ke Afrika. Pada tahun 1687 para budak dari Afrika membawa biji rosela ke Eropa, sejak saat itu rosela dikenal luas dan mulai dibudidayakan di daerah tropis dan sub tropis di negara-negara Eropa. Hingga akhirnya menyebar ke seluruh penjuru dunia dan masyarakat mulai mengetahui tentang manfaat bunga rosela

Menanam Rosela

Teh bunga Rosela akhir-akhir ini semakin digemari, karena masyarakat mulai mengenal dan mengetahui khasiat alami bunga rosela. Memang banyak sekali manfaat dari bunga rosela ini. Tapi mungkin banyak juga yang belum mengetahui tentang bunga rosela. Pohon Rosela berbentuk hampir menyerupai pepohonan perdu, memiliki batang yang halus dan memanjang berwarna kemerahan. Tanaman ini tidak tumbuh terlalu tinggi hanya sekitar 2,5 meter, sehingga cocok untuk ditanam di pekarangan sekitar rumah. Apabila Rosela ditanam pada tanah yang subur, dalam jangka waktu 5-7 bulan bunga Rosela sudah bisa dipanen. Dengan perawatan yang tidak terlalu sulit, anda bisa mencoba unrtuk menanam tanaman Rosela ini. Berikut langkah-langkah yang dapat anda perhatikan dalam menanam Rosela sendiri :

Tempat atau lokasi menanam.

Adapun cara menanamnya dapat ditanam pot bunga ataupun ditanam langsung di tanah. Jika anda ingin menanam Rosela di pot bunga, sebaiknya gunakan pot yang cukup besar atau memiliki ketinggian pot kira-kira 40 cm. Hal ini disebabkan tanaman rosela mempunyai akar tunggal dengan panjang akar bisa mencapai 30 cm. Untuk penanaman di tanah anda bisa menyiapkan lubang tanam dengan ukuran yang disesuaikan dengan besarnya tanaman yang hendak ditanam. Jangan lupa sebelum menanam, siapkan tanah yang telah dicampur dengan pupuk kandang untuk medianya. Supaya subur dan dapat menghasilkan bunga rosela seperti yaang diharapkan.

Cara Penanaman Rosela.

Cara-cara penanaman Rosela ada berbagai macam yang pertama menanam langsung rosela dari bijinya. Biji yang akan ditanam adalah yang berasal dari bunga rosela, yaitu biji yang berwarna coklat tua. Caranya penanaman rosela adalah bersihkan dan keringkan biji sebelum ditanam, masukan ke dalam lubang-lubang yang telah disiapkan sebelumnya. Atau pada pot masing-masing sedalam 3-5 cm didalam media tanam. Untuk penanaman pada media tanah sebaiknya diberi jarak antar tanaman selebar 1 mtr agar penyebaran nutrisi tanaman merata. Cara berikutnya dengan melalui penyemaian yaitu biji ditanam dahulu pada wadah semai atau biasanya memakai polibag. Setelah berumur 2-3 minggu baru tanaman dipindah ke tanah atau pot yang sudah disiapkan. Cara lain yang lebih praktis dengan membeli bibit tanaman yang sudah jadi kemudian ditanam ditempat yang sudah disediakan.

Perawatan Tanaman Rosela

Tanaman Rosela termasuk jenis tanaman yang mudah dalam perawatan. Cukup disiram 2 kali sehari, atau lebih jika berada dalam musim kemarau. Jangan lupa memberikan pupuk saat tanaman mencapai masa 3-4 minggu, gunakan pupuk organik agar memberikan hasil yang memuaskan. Untuk hama yuang biasa menyerang tanaman rosela adalah jenis kutu daun dan Phytophthora. Penanganannya sebaiknya dengan pestisida alami seperti air daun pepaya atau yang lain bisa anda cari di google tentang pestisida alami. Tanaman yang subur pada usia 5-6 bulan bisa menghasilkan bunga basah hingga 1,5 kg perpohonnya. Hasil ini bisa didapat apabila kita tepet dalam perawatan tanaman rosela.

Khasiat Alami Bunga Rosela

Khasiat alami bunga Rosela sangat berguna bagi tubuh manusia sebagai obat herbal ataupun detoksifikasi. Khasiat-khasiat bunga rosela antara lain :
khasiat alami bunga rosela

  • ·         Meredakan batuk.
  • ·         Menetralkan racun dalam tubuh.
  • ·         Menurunkan tekanan darah tinggi.
  • ·         Menurunkan kadar kolesterol dan gula darah.
  • ·         Membantu menurunkan berat badan.
  • ·         Menghambat Pertumbuhan kanker.
  • ·         Mengurangi pusing-pusing.
  • ·         Mengobati panas dalan dan konstipasi.
  • ·         Menyediakan vitamin bagi tubuh.


Bagaimana pendapat anda tentang bunga rosela ini, apakah dapat memberikan tambahan wawasan untuk anda? Jika anda serius membudidayakan rosela ini bisa menjadikan sumber pemasukan sampingan juga. Hanya dibutuhkan sedikit lahan dan keseriusan anda. Anda berminat untuk mencoba? Silakan Anda praktekkan dalam skala kecil terlebih dahulu, jika anda merasa yakin bisa meningkat lebih besar lagi. Demikian sedikit ulasan tentang tanaman rosela, semoga bermanfaat untuk anda. Dan sukses selalu..:)

thumbnail
Judul: Khasiat Alami Bunga Rosela
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait bunga rosela, khasiat alami rosela, khasiat rosela, manfaat rosela, rosela :

0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz